Skip to content
April 1, 2011 / kartikasyaftiana

Cara Menginstal Dan Menggunakan Program Matematika Dengan Maple 11

Maple adalah program komputer yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1980 oleh Grup Symbolic Computation di University of Waterloo Ontario, Kanada untuk keperluan bidang matematika, statistika dan komputasi aljabar.

Pengembang: Waterloo Maple Inc. (Maplesoft)
Versi rilis terbaru: 13 (April, 2009)
Bahasa pemrograman: C, Bahasa pemrograman Java, Bahasa pemrograman Maple
Sistem operasi: Cross-platform
Jenis: Sistem komputasi aljabar
Lisensi: Proprietary
Situs web: www.maplesoft.com/products/maple/

Untuk yang belum ada maple 11 dikomputernya n ingin menginstalnya berikut langkah-langkahnya
Double klik Setup maple11 maka akan tampil dilayar seperti gambar ini

Tunggu hingga proses sampai 100 %

Klik next

Perhatikan dimana kita akan meletakkan programnya secara default berada di C:\Program Files\Maple 11 kalau mau ganti boleh-boleh saja setelah itu Klik next

Pilih mau instal yg mana apakah  mau instal secara keseluruhan atau yang minimal atau mau diatur sendiri

misalnya: memilih Full installation alias keseluruhan setelah itu Klik next

Apakah  akan membuat shortcuts pilih yes agar saat menggunakan maple 11 tinggal langsung double klik yg ada didestop setelah itu Klik next

Klik next

Pilih single user license setelah itu Klik next

Klik install

Tunggu hingga proses install selesai

Pilih no setelah itu Klik next

Klik ok

Jika ingin restart computer klik yes restart my system (Disarankan) setelah itu Klik next
Selesai sudah proses install sekarang tinggal memasukkan lisensinya copykan lisensi.dat ke C:\Program Files\Maple 11\license

Untuk memulainya klik icon pada destop maple11 (jika ada) atau cari pada start-all program cari deh maple 11 untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut

Setelah itu maka akan keluar gambar proses seperti gambar berikut

Tunggulah hingga proses selesai
Setelah itu akan tampil tampilan utama maple 11 seperti pada gambar

Untuk memulainya bias langsung mengetikkan/memasukkan perintah pada lembar kerja.
Berikut operasi operasi dasar maple 11
Menentukan Penjumlahan Bilangan
Penjumlahan 2 bilangan atau lebih dapat dilakukan dengan melakukan operasi sebagai berikut
Masukkan bil1 cth(7) operator cth(+) bil2 cth(1) setelah itu tekan Enter
Masukkan bil1 cth(7) operator cth(+) bil2 cth(1) setelah itu tekanCtrl bersamaan dengan Enter
Masukkan bil1 cth(7) operator cth(+) bil2 cth(1) setelah itu ;
Menentukan factor prima dari x bilangan
Ifactor(x)=== x adalah bilangan
Menentukan pembagi terbesar dari 2 bilangan
Igcd (bil1,bil2)
Menentukan sebuah bilangan prima atau bukan
Isprime(x)
Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut

Setelah selesai bekerja jangan lupa untuk menyimpan hasil kerjaan kita supaya jika dibutuhkan esok hari dapat dibuka lagi dengan cara klik file trus pilih save atau save as jika sudah pernah disimpan dan ingin menyimpan dengan yg baru.

Setelah itu masukkan namanya dan tempat lokasi penyimpanan.

Semoga sukses

http://folmankristo.blogspot.com/2011/02/cara-menginstal-dan-menggunakan-program.html

About these ads
  1. ZAKI / Okt 22 2013 12:50 pm

    gan, kLo mao ngerjain pr matematika bisa kagak ??

    truz semua materi yg ada di matematika bisa diseleesain gak sama tuh maple.

  2. fadik / Jan 1 2014 3:00 pm

    saya punya maple 14. apa sama cara kerja nya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: